Popular Posts

Tangan Cewek Ternyata Lebih Jorok, Lho!

Sebuah studi menunjukkan bahwa tidak hanya dari jumlah saja, tetapi keragaman bakteri pun ternyata lebih banyak terdapat di tangan perempuan dibandingkan laki-laki, menurut sebuah laporan media, Kamis 5 Februari 2009.

Studi yang dilakukan oleh peneliti di University of Colorado menemukan hanya lima jenis bakteri yang umum ada di antara seluruh 51 peserta yang diteliti. Sedangkan jumlahnya mencapai 4.700 spesies. Juga didapati bahwa spesies yang berada di tangan kiri berbeda dengan yang di tangan kanan.

Hasilnya sedikit ironis bagi kaum perempuan yang secara tradisi lebih merawat kebersihan dibandingkan kaum laki-laki yang sering mengabaikan hal itu.

Studi juga menunjukkan bahwa keragaman bakteri pada tangan tidak signifikan terpengaruh oleh kebiasaan mencuci tangan, kata pemimpin penulis studi Fierer Nuh. (yang ini jangan sampai dibaca anak anda, ntar mereka gak mau nyuci tangan lho)

Fierer memperkirakan bahwa pH kulit yang berbeda mungkin yang menyebabkan keragaman itu dimana pria umumnya memiliki kulit yang lebih 'beracun'. Temuan itu juga menyebutkan hal itu disebabkan oleh perbedaan dalam kelenjar keringat dan produksi hormonal antara laki-laki dan perempuan, penggunaan pelembab kulit atau kosmetik, serta ketebalan kulit, katanya.

Para ilmuwan kini bekerja untuk menentukan bakteri apa saja yang biasa ditemukan pada tangan orang yang memicu berkembangnya penyakit tertentu.

Weh, cantik-cantik ternyata lebih jorok ya..?

No comments: